23.12.12

Save earth


Kita telah mengetahui Isi dari Undang-Undang Lingkungan Hidup No. 23 tahun 1997 pasal 1 yang menyebutkan pengertian dari lingkungan hidup. “Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.” Lingkungan hidup dimaksud dalam undang-undang tersebut merupakan suatu sistem yang meliputi lingkungan alam nonhayati, lingkungan alam hayati, lingkungan sosial, dan lingkungan buatan. Semua komponen-komponen yang ada di lingkungan hidup seperti benda, keadaan, daya, dan makhluk hidup bergabung dalam satu wadah yang menjadi tempat berkumpulnya komponen itu yang disebut dengan ruang.



Pada ruang ini ekosistem berlangsung, yaitu terjalinnya interaksi suatu susunan organisme hidup dimana diantara lingkungan abiotik dan organisme yang harmonis dan stabil, saling memberi dan menerima kehidupan.

Bumi kita ini diwariskan oleh nenek moyang kita dalam keadaan yang sangat seimbang dan berkualitas. Nenek moyang kita dahulu telah menjaga dan memeliharanya untuk kita sebagai pewaris bumi selanjutnya, sehingga kita berhak dan harus mendapatkan kualitas yang sama persis dengan apa yang telah didapatkan nenek moyang kita sebelumnya. Bumi merupakan suatu anugerah yang tidak ternilai harganya dari Tuhan Yang Maha Esa karena menjadi sumber dari segala kehidupan. Oleh karena itu, menjaga alam ini dan keseimbangannya menjadi kewajiban kita semua.



Beberapa cara sederhana dapat kita lakukan untuk mewujudkan kualitas bumi yang sama dengan apa yang telah didapatkan nenek moyang kita sebelumnya, atau pun menyelamatkan bumi dari keadaan yang akan lebih buruk untuk masa yang akan datang   :
1.    Matikan listrik. (jika tidak digunakan, jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Cabut charger telp. genggam dari stop kontak. Meski listrik tak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik PLN menggunakan bahan baker fosil penyumbang besar emisi).
2.   Ganti bohlam lampu (ke jenis CFL, sesuai daya listrik. Meski harganya agak mahal, lampu ini lebih hemat listrik dan awet).
3.      Bersihkan lampu (debu bisa mengurangi tingkat penerangan hingga 5%).
4.   Jika terpaksa memakai AC (tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24o C).
5.      Gunakan timer (untuk AC, microwave, oven, magic jar, dll).
6.      Alihkan panas limbah mesin AC untuk mengoperasikan water-heater.
7.      Tanam pohon di lingkungan sekitar Anda.
8.      Jemur pakaian di luar. Angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin (dryer) yang banyak mengeluarkan emisi karbon.
9.      Gunakan kendaraan umum (untuk mengurangi polusi udara).
10.  Hemat penggunaan kertas (bahan bakunya berasal dari kayu).
11.  Say no to plastic. Hampir semua sampah plastic menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar. Atau Anda juga dapat membantu mengumpulkannya untuk didaur ulang kembali.
12.  Sebarkan berita ini kepada orang-orang di sekitar Anda, agar mereka turut berperan serta dalam menyelamatkan bumi.



Comments
0 Comments

0 komentar: